Thursday, May 23, 2013

MOVIE REVIEW : "SILVER LININGS PLAYBOOK"


Oke!
Hari ini ceritanya gue lagi santai-santai dan ngebuka internet setelah 1 minggu terakhir agak kurang update. Ya maklum, gue lagi sibuk ngurus sana-sini sebelum awal bulan Juni nanti.

Jadi tuh ceritanya pas gue lagi di kamar, gue ngeliat ada satu dvd yang diletakkin di atas lemari buku. Gue langsung baca judulnya dan ini sih ga asing lagi, yaitu "Silver Linings Playbook".
Film ini sebenernya pengen gue tonton kemaren-kemaren lewat bioskop karena gue mau ngerasain feelnya secara langsung aja pas duduk di salah satu studio dan nonton di giant screen itu. Tapi apa daya, tiba-tiba kelewat gitu aja dan finally gue ga nonton deh. Nah, mumpung ada dvd ini yang tergeletak dengan cuma-cuma, gue tonton aja. :D

Sebenernya sih, gue bukan mau cerita the whole story-nya kaya apa, jatohnya kan kalo ada yg belom nonton sampe sekarang nanti nganggep gue sebagai spoiler lagi. :p So, bagi yang belom nonton, gue saranin beli dvdnya aja or dimaklumin seadanya dengan tanggapan gue ya. Hihihiii....
Yang pengen gue ceritain disini adalah gimana seseorang bisa bangkit dari keterpurukannya soal cinta dan dia bener-bener menemukan orang lain yang jauh jauh lebih baik dari sebelumnya serta dia baru kebuka kalo cintanya yang lama itu memang tidak mencintainya, malahan orang baru ini yang bantu dia bangkit dan terus berpikir positif.
Kisah ini diperankan oleh Jennifer Lawrence sebagai Tiffany, Bradley Cooper sebagai Pat Solitano yang sering dipanggil Pat, ayahnya Pat yaitu Robert De Niro dan ibunya bernama Dolores, yang diperankan oleh Jackie Weaver.
Pat ini dulunya adalah seorang guru. Dia mengalami masa-masa sulit di dalam pernikahannya dan pada akhirnya pernikahannya hancur yang berujung pada perceraian. Kenapa terjadi perceraian?
Ya, lagi-lagi karena salah satu pihak having an affair with another man. But you know what? Pat tetep mencintai mantan istrinya yang masih dia anggap sebagai istrinya, walaupun Pat telah melihat secara mata kepalanya sendiri kalo istrinya tuh udah berhubungan intim dengan seorang guru sejarah. Damn! Menurut gue ya, gantengan si Pat kemana-mana dibanding cowo tua bangka selingkuhan istrinya.

Let's continue. 
Setelah pernikahannya hancur lebur dan doi melihat kejadian yang menghancurkan hatinya, dia harus menjalani masa terapi psikologi selama 8 bulan. Dan selama 8 bulan itu, Pat juga belum bisa melupakan mantan istrinya yang jelas-jelas udah nyakitin dia. Pat malah memutuskan untuk ga pernah makan obat dari psikiater selama 8 bulan tersebut dan memilih untuk reconcile with his ex-wife. Gile ya, saking cintanya dia bener-bener berpikir kalo dia udah balik dari terapi dan berbuat baik sesuai kemauan istrinya dulu, istrinya akan kembali lagi ke dia. But, it didn't happen! She would never go back.

Cuma yang namanya cinta, siapa sih yang bisa ngalahin kan? Logika udah ga akan bisa nolong dengan keadaan kaya gini. Walaupun dengan terapi selama 8 bulan dan pada akhirnya keluar dari rumah sakit terapinya, Pat tetep ngomongin istrinya dan semua hal selalu mereka lakukan sama-sama. Lebih parah lagi, Pat tetep berpikir dan bilang ke semua orang kalo istrinya mau dia terlihat baik, terlihat manis, terlihat sesuai kemauan istrinya.
Oiya, setelah keluar dari masa terapinya, Pat balik lagi ke kediaman orang tuanya dan menetap disana karena rumah dia bersama istrinya itu udah dijual sama sang istri. Selama hari-hari tinggal di rumah ortunya, si bokapnya Pat yang seneng banget sama football game, pengen banget anaknya pulih dari semua lukanya dengan mantengin football game tiap hari sama dia. Tapi sekali lagi, hal itu ga berhasil. Sampe suatu hari Pat dateng ke jamuan makan malam temennya dan pas di rumah temennya itu, dia dikenalin sama adik ipar temennya, named Tiffany.

Setelah pertemuan malam itu, mulai deh terjadi hal-hal di antara Pat dan Tiffany. Hampir tiap hari mereka ketemu, tapi awalnya si Pat nolak kedekatan si Tiffany yang mau berteman dengannya. Cuma pada akhirnya, perlahan-lahan Tif buat mata Pat terbuka kalo kita ga perlu terus ngelihat hal yang menyakitkan dan menatap fokus ke belakang. Tif juga ngajarin Pat cara menghargai hidup supaya ga mikirin dan ngomongin istrinya terus. Caranya tuh bukan dengan nyuruh Pat jangan pergi ke tempat-tempat dimana dia sama istrinya pernah berada disitu atau ngajak Pat untuk menghindar buat baca buku yang istrinya buat. Tapi apa caranya?
Dia ngikutin cara berpikirnya si Pat dan kegilaannya dia dengan suatu hal gila lagi yang melebihi itu semua.
A simple thing that it can make a change!
Yup, hal-hal sederhana itu kaya contohnya si Pat buat surat ke istrinya yang isinya tuh nunjukkin kalo dia udah berubah dan pengen dilihat lagi sama istrinya. Trus tuh surat itu dikasih ke Tif karena Tif bilang kalo dia pernah ketemu istrinya bareng kakaknya. Dengan rasa seneng campur excited, si Pat jadi deketin si Tif cuma buat ngasih surat ke istrinya lagi. 
Mau tau si Tif ngelakuin apa dengan surat itu?
Dia membalas surat yang udah ditulis sama Pat dengan nganggep dirinya seakan-akan adalah istrinya Pat.
Tif mencoba masuk ke dunia Pat, menganalisis semua tentang hidupnya dan melakukan hal sedikit gila untuk ngebuat Pat bangkit dari keterpurukannya.

Akhir dari segalanya emang indah.
Ya,namanya film kebanyakan happy ending sih termasuk film ini. :))
So, titik baliknya si Pat adalah saat dia baca ulang surat balesan dari istrinya yang sebenernya itu diketik sama Tif, dia sadar kalo ada kata kunci di suratnya itu yakni "SIGNS".
Kata itu pernah diucapin sama Tif dan akhirnya Pat sadar kalo sebenernya si Tif yang ngetik itu dan selama ini ga ada satupun suratnya yang bener-bener dikasih ke istrinya Pat.
Dengan titik balik itu, si Pat tau bahwa bukan obat yang bisa nyembuhin dia, tapi seseorang yang selalu kasih dia hal positif dan buat dia bangkit.
Di akhir-akhir film, jadi Pat nemenin Tif buat ikutan kontes dansa karena dansa tuh kesukaannya Tif dari dulu. Dan pas di tempat pertunjukkannya, Tif yang pernah bilang kalo bakal ada istrinya yang dateng buat tontonin mereka dan itu cuma buat Pat semangat aja, eh taunya beneran dateng tuh istrinya.
Pat yang ngeliat itu excited banget, tapi Tif sedih karena sebenernya dia udah suka Pat cuma istrinya dateng. Heart breaker deh. :(

Tapi ternyata, momen berkata lain.
Setelah selesai nari, Pat langsung datengin istrinya dan menyapa kabarnya trus say something ke telinga istrinya. Feeling gue pas nonton ini, Pat bukan bilang kalo dia akan balik lagi ke istrinya, tapi dia bilang kalo dia sekarang udah baik-baik aja dan bener-bener bisa move on. Asiikkk! :D *agaksotoy*
Tapi, pas Pat ngomong di telinga istrinya itu, Tif ngeliat mereka. Beeeehh, hatinya hancur lebur trus dia langsung lari keluar dan pergi. Pas Pat balik, bokapnya bilang kalo Tif udah pergi. Sebelum nyuruh Pat buat ngejar, dia bilang, "....you gotta pay attention to the signs. When life reaches out with a moment like this, it's a sin if you don't reach back. I'm telling you, it's a sin. If you don't reach back, and it'll haunt you for the rest of your days like a curse. You're facing a big challenge in your life right now at this very moment, right here. That girl loves you, she really loves you. And I don't know if Nikki ever did, but she sure as hell doesn't love you right now." N.B: Nikki was Pat's ex-wife.

So sweeeeeeeeet ga sih? Gue aja sampe melting.
Dan apa yang dibilang sama bokapnya Pit itu emang bener. Ada suatu hal yang buat dirinya bisa berubah, bukan karena dia mau terlihat baik di depan istrinya supaya istrinya bisa balik lagi ke dia, tapi ternyata ada seseorang yang udah ubah paradigma dia akan suatu hal yang pahit jadi sebuah kebahagiaan sejati.


TWO THUMBS UP FOR THIS MOVIE!!!!
Dan The Best Actress di The Oscars juga dimenangin sama Jennifer Lawrence, padahal doi umurnya masih mau 23 di 15 Agustus nanti. Keren yaaaa!!! *angkatgelas*

Penutupannya adalah,
Kita emang harus buka hati. Ya, mungkin ga sekarang tapi coba deh liat "signs" di sekeliling kita kalo ternyata sign itu nunggu kita buat buka hati dan bangkit aja. It's about a matter of time. Maybe not now, but trust it to yourself, it'll come to you at the right time and the right person too. *notetomyself* *nyengir*

Ini ada satu penggalan kata-kata dari filmnya itu, 



Dan yang terakhir adalah ini. Menurut gue, ini momen paling nyentrik. Yang gue bilang tadi, lakukan hal simple dan mungkin terlihat "gila" untuk menjadi lebih baik. :)




I believe, if we stay positive, we have a shot at a SILVER LINING.

Be patient and have faith!


Good night good people! :)



~A.

3 comments:

  1. Ini film rada mirip lah sama gue. Tinggal nyari sejenis Tiffany aja sih ini. :))

    ReplyDelete
  2. Nah, nyari Tiffany ini yang butuh waktu kan? Wish you were get that girl :)

    ReplyDelete
  3. Iyes. Yang ada targetnya biasa salah juga. Bukannya makin terang malah makin burem. :))

    ReplyDelete